Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah | Humanis, Mandiri, Islami

Tentang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

image

UMN Al Washliyah didirikan oleh PB. Al Washliyah dengan status Badan Hukum, berdasarkan SP Menteri Kehakiman RI No. J.A. 57425, tanggal 17 Oktober 1956, Jo Akte Notaris Adlan Yulizar, SH No. 69, tanggal 23 September 1989.

UMN Al Washliyah pada mulanya merupakan salah satu fakultas pada Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan, yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIVA Medan, berdasarkan Surat Keputusan Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 25/B-SWT/1952 tanggal 26 Januari 1963.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 017/0/1981 tanggal 22 Januari 1981 FKIP UNIVA Medan menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al Washliyah Medan.

Selanjutnya pada tahun 1983 STKIP Al Washliyah Medan dikembangkan menjadi IKIP Al Washliyah, dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 042/0/1983, tanggal 24 September 1983; Dan pada tahun 1990 didirikan Akademi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (A-MIPA) Al Washliyah berdasarkan SK Mendikbud No. 01/11/0/1990, tanggal 11 Maret 1990.

Pada tahun 1996, sesuai dengan kebijakan Pemerintah dan atas usul PB. Al Washliyah, IKIP Al Washliyah dan A-MIPA Al Washliyah Medan digabungkan menjadi Universitas Muslim Nusantara (UMN) dengan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 424/DIKTI/Kep/1996, tanggal 8 Agustus 1996 yang terdiri dari beberapa fakultas. Salah satunya fakultas ekonomi.

Terakhir berdasarkan Akte Notaris Drs. H. Hasbullah Hadi, SH, M.Kn Nomor: 19 tanggal 8 Februari 2002, nama Universitas Muslim Nusantara (UMN) diubah menjadi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah (UMN Al Washliyah) dan SK Dirjend Dikti No. 181/DIKTI/Kep.2002 tanggal 15 Agustuts 2002 nama Universitas Muslim Nusantara (UMN) di Medan menjadi Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah.

Makna Logo Fakultas Ekonomi

  • Fakultas Ekonomi UMN Al Washliyah memiliki lambang berbentuk segi lima yang melambangkan Pancasila dan garis bingkai berwarna hijau melambangkan pengamalan terhadap ajaran agama Islam.
  • Warna dasar kuning muda melambangkan kewibawaan.
  • Bulan sabit dan bintang lima melambangkan ketinggian cita-cita dan warna merah jingga melambangkan semangat perjuangan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni yang dijiwai dengan ajaran agama Islam.
  • Padi dan Kapas melambangkan keadilan dan kemakmuran.
  • Padi berwarna kuning tua dengan tangkai hijau yang memiliki jumlah delapan tangkai di sebelah kiri menunjukkan tanggal kelahiran Fakultas Ekonomi UMN Al Washliyah.
  • Padi berwarna kuning tua dengan tangkai hijau yang memiliki jumlah delapan tangkai di sebelah kanan menunjukkan bulan kelahiran Fakultas Ekonomi UMN Al Washliyah.
  • Kapas berwarna putih dengan tangkai dan kelopak hitam yang berjumlah sembilan tangkai di sebelah kiri dan enam tangkai di sebelah kanan menunjukkan tahun kelahiran Fakults Ekonomi UMN Al Washliyah. (8 Agustus 1996).
  • Tulisan Fakultas Ekonomi dan tulisan UMN AL WASHLIYAH dengan huruf besar berwarna hitam dan berbentuk lingkaran melambangkan penyatuan umat.